STIFIn Insting sang Pendamai

STIFIn Insting sang Pendamai

Pernah denger gak sih istilah otak tengah?

Hmmm, aneh ya kedengaranya, soalnya di medis saat ini otak tengah itu tidak ada, yang ada hanya bagian otak kanan dan kiri yang masing-masing terbagi menjadi limbik dan neokortek.

Nah, teman-teman semuanya, STIFIn melakukan sebuah penelitian dan menemukan bagian otak yang kelima yaitu Insting yang disebut juga otak tengah, bagian otaknya berada di bagian belakang otak sampai turun kebawah leher yang disebut batang otak atau corpus colosum nama ilmiahnya.

Awal mula proses bagian otak ini ditemukan ketika Pak Farid Poniman selaku penemu konsep STIFIn melihat istrinya tidak berada di 4 bagian otak yang sudah ada, yang dulu namanya sebelum STIFIn adalah STIF (Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling). Akhirnya beliau melihat istrinya itu memiliki keempat perilaku dari 4 jenis otak tersebut secara rata-rata alias seimbang tapi tanggung, maka beliaupun meneliti kepada orang lain yang kecenderungan memilki perilaku yang sama dengan istrinya. Dengan penelitian yang mendalam maka Pak Farid menentukan ada bagian otak yang kelima dan ketika dilihat secara medis bagian otaknya berada dari belakang otak sampai ke batang leher.

Nah, bagaimanakah perilaku tipe Insting ini?

Insting adalah satu-satunya tipe yang serba bisa, alias memiliki keempat jenis otak STIF tersebut yang sekaligus menjadi keunggulannya yaitu keserba bisaan dalam segala bidang, tapi cenderung tanggung karena fungsi setiap STIFnya hanya 50% saja.

Fungsi otak tengah adalah penyeimbang tubuh, maka secara perilaku orang Insting berpotensi besar untuk menjadi penengah konflik. Insting tidak suka konflik, ia cenderung lari dan menghindar dari masalah, tidak ingin terjun terlalu dalam karena orientasinya orang Insting adalah kebahagiaan, yang penting senang dan nyaman mau bagaimanapun kondisinya, gak banyak harta, jabatan biasa saja, keilmuan sedikit dan terkenal atau enggak yang penting dia merasa bahagia.

Insting berfungsi sebagai otak responsif yang bergerak cepat mengambil keputusan dari tubuh jika

Ada sesuatu yang tidak beres, contohnya kalau kita masak air dengan panci lalu secara tidak sengaja panci yang panas itu tersentuh oleh tangan kita, maka dengan segera tangan kita menarik dari panci itu, dan itulah bagian responsif insting yang bekerja untuk segera menarik tangan agar tidak terluka. Terjadi juga ketika kita melihat ada benda dari pohon yang ingin mengenai kepala kita, maka tangan kita secara otomatis menghalangi kepala untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Tipe Mesin Kecerdasan ini dikemudikan secara otomatis tanpa ada drive alias tidak dipengaruhi oleh Introvert dan Ekstrovert karena otak tengah tidak memiliki lapisan putih atau abu-abu sebagaimana yang dimiliki oleh tipe lainnya. Makanya tipe STIFIn Insting cenderung responsif, mudah beradaptasi dan banyak kawannya, disatu sisi karena Insting sukanya damai gak suka konflik.

Kecerdasan yang dimiliki oleh Insting adalah Altruist Quotient atau disebut kecerdasan berkorban, tipe ini adalah tipe yang paling rela untuk berkorban bagi orang lain dan suka membantu jika ada rekannya atau orang yang kesusahan dan membutuhkan bantuannya. Kalau sudah masalah bantu membantu apalagi teman dekat atau orang kesayangannya, maka yang lain bisa ia abaikan asalkan bisa membantu yang membutuhkannya.

Kontribusi adalah harapan tipe Insting disetiap aktifitas yang ia kerjakan, ia tidak ingin menjadi orang yang tidak melakukan apa-apa. Kalau dilihat dari bentuk perilaku yang bisa juga diuji dalam psikometrik, tipe Insting ini adalah tipe yang seimbang dalam segala hal, suka berkompromi, menyukai kedamaian, punya banyak pengetahuan dan kemampuan karena keserba bisaannya itu, tidak menyukai sesuatu yang rumit, mudah memaafkan, suka nimbrung, ikut arah arus, lembut dan biasanya kemampuannya dalam suatu bidang rata-rata.

4 kata kunci yang menggambarkan tipe Insting adalah merangkai, ia suka merangkai kejadian atau informasi untuk diambil intisarinya, reflek atau cepat tanggap, mampu berkorban dan bergerak secara otomatis tanpa introvert atau ekstrovert. Maka kalau dilihat dari sini, belajar terbaik bagi orang Insting adalah merangkum bacaan dan mengurai kembali sampai tuntas.

Hati-hati tipe Insting jangan ditekan atau dipaksa, ketika merasa tertekan tipe Insting akan mudah tersulut kemarahannya dan jadi agresif, maka dampingi pelan-pelan jika ada masalah atau hal yang ingin dibicarakan. Insting ini adalah tipe yang paling jarang ditemukan daripada ke 4 jenis mesin kecerdasan lainnya, istilahnya langka.

Nah, jangan-jangan kamu Insting nih, yuk tes dulu hehe… (Adnan Fatron – STIFIn Family) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 – www.stifinfamily.com

error: