STIFIn Thinking si Bintang Pelajar

STIFIn Thinking si Bintang Pelajar

Hai..hai..hai apa kabar STIFIners? Sehat semua? Semoga begitu ya hehe

Pernah gak sih kamu pas sekolah dulu ngeliat ada orang yang kerjaannya juara 1 melulu, pengennya menang, suka banget sama lomba-lomba kecakapan terutama di bidang akademik, pokoknya gak mau kalah deh, maunya juara mulu hehe

Nah kalau di konsep STIFIn orang-orang yang punya perilaku diatas punya kecenderungan bertipekan Thinking loh..

Tidak selalu ya, tapi kalau diakumulasi dari seluruh mesin kecerdasan, maka Thinking memang paling dominan dalam hal juara menjuarai terutama dibidang akademik, dan tipe Thinking suka dibilang sebagai “bintang pelajar” aliasnya orang pinter kalau disekolah. Ko bisa sih dibilang begitu, yuk kita lihat dulu dari jenis otaknya

Thinking memiliki bagian otak yang terletak dibagian kiri atas atau yang disebut dengan neokorteks kiri, ini adalah bagian otak yang memilki fungsi dominan untuk mengatur logika dan sistematika berfikir manusia, maka tipe thinking menyukai hal-hal yang rasional dan objektif. Dari sini bisa keliatan dong kenapa doi seneng banget sama belajar, karena memang fungsi otaknya dominan untuk berfikir yang berbau logika dan sistematis, dan itu adalah pelajaran-pelajaran yang umumnya di bidang akademik

Bukan cuma itu, fungsi dari otak ini mendorong yang punya badan buat berfikir rasional dalam segala sesuatu, contoh: kalau udah sekolah ya harus pinter, harus juara. Kalau mau hebat yang harus  menang berbagai perlombaan, dll. Thinking pun menilai segala sesuatunya secara objektif maka cenderung tipe thinking memiliki sifat yang tegas dalam membedakan mana yang benar dan salah.

Jadi, ngerti kan kenapa thinking doyan banget belajar dan ngebet banget juara kwkwkw

Saya thinking tapi ko nggak pernah juara kelas?

Belum dipake maksimal tuh otaknya hehe, yakin deh kalau thinking udah menggunakan fungsi otaknya, juara melulu kerjaannya

Nah ada perbedaan loh ya antara tipe Thinking introvert dan ekstrovert, kalau Ti yang fokusnya dari dalam maka ia cenderung mampu menguasai suatu bidang secara spesifik dan mendalam, maka bisa jadi orang yang ahli banget. Tipe Te yang fokus dari luar kedalam membuatnya menjadi orang yang mahir ketika menjadi komandan suatu organisasi. 

Cocok banget kalau Te jadi ketua, bakal tegas, objektif dan disiplin. Walaupun ada perbedaan, tetap keduanya memiliki fungsi otak yang suka menguasai sesuatu, cuman kalau Ti itu mendalam, kalau Te itu meluas, jadi gak spesifik ahli tapi menguasai banyak hal, terutama punya kekuasaan yang luas menjadi potensi terbaiknya.

Ada empat kata kunci yang menggambarkan kepribadian tipe Thinking ini, kata kunci terakhir sudah saya bahas diatas, kalau Ti mendalam, dan Te meluas, yuk kita lihat 3 kata kunci yang sama. 

Pertama, menalar, yaitu tipe Thinking ini cenderung segala sesuatunya itu difikirkan sehingga menjadi orang yang suka banget menganalisa sesuatu, dan berfikir lalu menalar konteks dan menemukan maksudnya adalah hal harus ia lakukan sehari-hari agar otaknya semakin cerdas. Apa saja ditalar sampai isinya, maka pelajaran dan materi akademik adalah objek yang utama.

Kedua adalah tulang, disatu sisi tipe thinking cenderung menjadi tipe yang paling memiliki tulang yang kuat dan besar maka sifatnyapun seperti tulang, kalau ada kemauan sangat kuat, nah kalau mau adu argumen dan debat logika jangan coba-coba sama tipe thinking ya hehe. Tulang juga menggambarkan tipe Thinking yang tegas dan memiliki kepribadian yang kuat dan tidak mudah menyerah.

Ketiga adalah mandiri, cenderung tipe Thinking suka melakukan apa-apa sendiri, jika bisa selesai oleh dirinya kenapa harus minta bantuan ke orang lain, begitu tukasnya. Karena sifat mandirinya ini kadang tipe Thinking suka dibilang orang yang cuek, gak peka dan kaku, karena ia terbiasa melakukan segala sesuatunya sendiri. Nah untuk membuat tipe Thinking ini hebat maka mandiri adalah karakter yang harus dimiliki olehnya, kalau ada tipe Thinking sukanya minta tolong orang lain, nyuruh-nyuruh pekerjaan yang sebenarnya bisa ia kerjakan sendiri, maka Thinking tidak akan memiliki karakter yang kuat dan tegas karena tidak terbiasa menyelesaikan masalah sendiri.

Nah, tipe ini doyan banget diakuin kehebatannya, cenderung ingin lebih tinggi posisinya dari orang lain dan ingin selalu dihargai, maka tipe Thiking orientasi kesuksesannya adalah Tahta yang tinggi.

Nah, kira-kira kamu udah tes sudah sering juara seperti thinking belum?

Daaan…

Buat kamu yang belum tes STIFIn, mau nunda sampe kapan lagi buat tau karakter, serta minat dan bakatnya?

Yuk tes STIFIn sekarang juga. (Adnan Fatron – STIFIn Family) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 – www.stifinfamily.com

error: