STIFIn Intuiting si Kreatif dan Inovatif

STIFIn Intuiting si Kreatif dan Inovatif

Hai STIFIners pernah gak sih kamu ngeliat orang lain, teman, kerabat atau keluarga sendiri yang mungkin menurut kamu perilakunya berbeda dari kebanyakan orang, cara berfikirnya, cara berpakaian, eksekusi kerjaan, cara berkata dan lainnya, intinya ia selalu ingin berbeda dengan orang lainnya, ada? Atau bisa jadi, kamu sendiri yang suka berbeda cara berfikir dan perilakunya dari kebanyakan orang?

       Kalau ada, bisa jadi mereka atau kamu adalah tipe Intuiting dalam konsep STIFIn, jenis otak kanan atas yang biasa disebut Neokortek Kanan. Deskripsi umum dari tipe Intuiting berarti bagian otak yang merujuk kepada indra keenam kamu, yang sekaligus menjadi otak kreatif kamu. Beda introvert dan ekstrovert, kalau introvert kecerdasan otaknya dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga Intuiting introvert cenderung menjadi trendsetter di lingkungan profesinya. Maksudnya, perilaku si (Ii) ini cenderung diikuti oleh lingkungannya. Kalau ekstrovert, kecerdasan yang bergerak dari luar ke dalam ini cenderung membuat Intuiting ekstrovert mampu memprediksi kecenderungan bisnis ke depan.

        Penjelasan Indra keenam disini, maksudnya bukan Indigo atau melihat sesuatu yang gaib seperti jin dan setan, pemahaman mudahnya karena Intuiting ini jenis otak kanan atas yang cenderung berfikir memunculkan sesuatu yang baru atau berbeda, maka contohnya jika tipe Sensing dan Intuiting dilombakan untuk memunculkan sebuah ide yang baru maka Sensing baru memberikan 1 ide, Intuiting cenderung bisa 2-3 ide baru, itulah disebut indra keenam, otak kreatif, jadi bukan melihat sesuatu yang ghaib.

     Intuiting yang cenderung suka mengeluarkan dan melakukan hal-hal yang baru inilah kadang dipersepsikan sebagai orang yang berbeda atau bahasanya umumnya aneh, padahal bukan aneh karena memang selain Intuiting memiliki cara berfikir yang berbeda, dari sinilah kreatifitas si Intuiting muncul.

       Yuk kita lihat lagi kemampuan-kemampuan dasar tipe Intuiting yang akan dibahas secara gambaran besar lewat artikel ini, tipe Intuiting ini selain memiliki kecerdasan kreatifitas yang mampu menghadirkan solusi-solusi atau ide baru, namun ia juga memiliki kecerdasan dalam melihat sesuatu yang besar atau disebut dengan kecerdasan spasial, kemampuan otak Intuiting ini yang membuat dia bisa melihat sesuatu yang belum tentu bisa dilihat dari tipe lainnya, contohnya kalau tipe Sensing mau berjualan jus buah, cenderung ia akan langsung jual saja sebagaimana jus-jus buah di toko-toko samping jalan, tapi Intuiting yang bisa melihat gambaran lebih besar ia akan menghadirkan bentuk dan aneka jus buah yang berbeda, dengan pasar dan tempat yang berbeda hingga menghasilkan pendapatan yang lebih besar pula.

     Intuiting ini sangat memperhatikan sekali tentang kualitas dari sesuatu yang dia buat, cenderung ingin berbeda dari lainnya dan ingin terlihat sempurna segala sesuatunya, maka tak ayal tipe inipun disebut memiliki sifat perfeksionis, yang bisa jadi bagus karena ingin mempersembahkan yang terbaik untuk segala sesuatunya atau juga menjadi hambatan ketika produk atau hasil idenya tidak pernah terealisasi dengan alasan belum menemukan kesempurnaan. 

tes STIFIn Intuiting

       Buat kamu yang hasil tesnya Intuiting, maka 5 hal kunci yang menggambarkan kepribadian tipe Intuiting, yaitu mengarang, perut panjang, perubahan dan murni serta rakitan

Mengarang maksudnya secara normal jika tipe Intuiting ingin meningkatkan kualitas dirinya maka harus ada sesuatu yang baru yang ia hasilkan setiap harinya, yaitu ide-ide dan solusi baru untuk membuat dirinya lebih baik, 

Perut panjang menggambarkan metabolisme pencernaan Intuiting yang cenderung cepat lapar dan makan banyak karena ususnya panjang, jadi baru makan beberapa saat sudah lapar lagi, dan makanan yang dicerna oleh Intuting tidak sepenuhnya menjadi otot merah atau daging seperti orang Sensing, tapi menjadi energi ke otak untuk berfikir kreatif. Pemahaman inilah yang menjelaskan kenapa tipe Intuiting cenderung jarang memiliki badan yang gemuk karena pola pencernaannya yang selain lama, juga asupan energinya lebih utama ke otak daripada ke otot. 

Perubahan, seharusnya dengan ide-idenya Intuiting mampu membuat perubahan baik bagi individu maupun lingkungan sosialnya. 

Murni untuk Intuiting introvert yang cenderung lebih mampu menghasilkan ide-de orisinil dan Rakitan buat Intuiting ekstrovert yang berinovasi dari ide-ide yang sudah ada.

      Memahami konsep atau belajar dengan ilustrasi, grafis, film, gambar-gambar dan melihat ekspresi yang menarik adalah gaya belajarnya tipe intuiting introvert. 

      Merumuskan tema yang sudah dipelajari, menggunakan peraga bongkar pasang dan terkadang latihan soal adalah gaya belajar tipe Intuiting ekstrovert. 

Lalu, untuk membuat Intuting semangat terus adalah dengan memahami gambaran atau tujuan besar dari hal yang ia impikan serta memiliki waktu sendiri untuk mengeksekusi dan mengotak-atik minat dan hasil ciptaannnya

Tipe intuiting memiliki kecenderungan kemistri dengan Kata atau ilmu dan pengetahuan, maka ia hobi sekali untuk melontarkan ide-ide baru dan segar atau memodifikasi ide yang sudah ada untuk dibuat versi terbaik dan terbarukan.Buku-buku strategi, sastra dan lainnya yang cukup berkelas gaya bahasanya menjadi tipe buku yang disukai oleh orang-orang Intuiting.

Nah, sudah tes STIFIn?

Kalau belum, mau nunggu sampai kapan?

Yang lain sudah ke mars, kamu masih di bumi hehe. (Adnan Fatron – STIFIn Family) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 – www.stifinfamily.com

error: