Perbedaan introvert dan ekstrovert STIFIn

Perbedaan introvert dan ekstrovert STIFIn

Perbedaan introvert dan ekstrovert STIFIn dapat diketahui dari lapisan otak dominan yang mengemudikan respon stimuli dari setiap mesin kecerdasan. Terdapat lapisan putih untuk introvert dan lapisan abu-abu untuk ekstrovert.

Pengaruh Drive pada Mesin Kecerdasaan

Introvert dalam pemahaman secara umum dianggap sebagai sifat dan karakter dari seseorang yang cenderung tertutup, pendiam, tidak pandai berkomunikasi, dan tidak mudah bergaul. Sedangkan Ekstrovert dalam pemahaman secara umum dianggap sebagai sifat dan karakter dari seseorang yang mudah terbuka, ramah, pandai berkomunikasi dan mudah beradaptasi.

Berbeda dengan istilah Introvert dan Eksrovert berdasarkan pemahaman pada umumnya yang terkesan berkonotasi negatif dan positif serta menjadi karakter dan sifat utama seseorang.

Konsep STIFIn berbeda mulai dari penulisan huruf awal menggunakan huruf kecil, introvert (i) dan ekstrovert (e) STIFIn merupakan sebuah kemudi atau kendali dari setiap mesin kecerdasan yang bersifat netral. Kemudi ini akan memberikan dorongan motivasi atau semangat untuk mencapai sesuatu yang berasal dari dalam (introvert) atau luar diri (ekstrovert) seseorang.

Kemudi kecerdasan introvert memiliki sumber stimuli dari dalam dirinya. Pemilik kemudi introvert cenderung orang yang bisa memegang teguh prinsipnya dan tidak mudah terpengaruh oleh hal yang berada di luar dirinya. Tipe ini dapat termotivasi dengan cara ditantang dan memiliki falsafah hidup pada ancaman atau hukuman. Ia akan tergerak jika menyadari ada sesuatu yang tekanan atau kurang pada dirinya dan itu membuat dirinya termotivasi untuk membuktikannya “bahwa saya juga bisa”.

Kemudi kecerdasan ekstrovert memiliki sumber stimuli dari luar dirinya. Lingkungan mempunyai pengaruh besar bagi pemilik kemudi ekstrovert. Tipe ini dapat termotivasi dengan diberikan fasilitas, apresiasi, dukungan, dan memiliki falsafah hidup yang ingin diiming-imingi hadiah. Ia akan tergerak jika pada sesuatu yang akan menambah kapasitas dalam dirinya atau ada reward yang akan didapatkan. Kedua hal ini sangat penting bagi kita untuk bisa mengetahui pola komunikasi yang tepat dalam menyampaikan dorongan motivasi dan semangat saat berinteraksi.

Perbedaan introvert dan ekstrovert STIFIn pada Mesin Kecerdasaan

Dalam konsep STIFIn ada 5 mesin kecerdasaan yang di ketahui sebagai Sensing, Thinking, Intuiting, dan Feeling yang akan digabungkan dengan lapisan otak yang dominan introvert dan ekstrovert akan menjadi Personaliti Genetik STIFIn. Spesial mesin kecerdasaan Insting tidak memiliki lapisan otak dominan melainkan seimbang (sama), membuat dirinya tergerak secara spontan berdasarkan naluri.

Sensing introvert

Dengan kecerdasan memori (memory quotient) sehingga memiliki kemampuan daya ingat yang luar biasa. Karakter yang merupakan pemain yang handal, terbiasa melakukan pekerjaan dengan efisien, disiplin, dan penuh ambisi dalam mencapai yang diinginkan.

Sensing ekstrovert

Memiliki stamina fisik melebihi jenis kepribadian lainnya yang dapat disepadankan dengan kecerdasan fisik (physical quotient). Karakter yang suka berpetualang dan senang menampilkan hal yang ada pada dirinya sehingga membuatnya mudah mendapatkan momentum peluang baru.

Thinking introvert

Memiliki kepribadian yang mandiri dan fokus secara mendalam untuk menekuni suatu bidang.  Tipe kecerdasan teknikal (technical quotient) yang melekat dalam dirinya sehingga menjadi karakter yang sangat kuat dalam mengurus segala hal berkaitan dengan teknis dan menjadikannya profesi yang ahli dalam menekuni suatu bidang.

Thinking ekstrovert

Merupakan tipe kepribadian dengan kecerdasan logika (logical quotient) yang memiliki kemampuan manajerial yang baik, berpikir logis, dan objektif menjadi kekuatan utamanya. Sehingga membuat dirinya pantas menjadi seorang komando yang mampu menggandakan (multiplaying) pada hal atau bisnis yang dijalankannya.

Intuiting introvert

Memiliki optimisme yang kuat secara mendalam dikenal seorang yang perfeksionis dengan kecerdasan kreativitas (creativity quotient) menjadikannya seorang inisiator dengan gagasan yang ia miliki dan merasa puas jika idenya dapat direalisasikan.

Intuiting ekstrovert

Dengan kecerdasan spasial (spatial quotient) membuatnya memiliki kemampuan khusus yang berkaitan dengan gambaran besar atau imajinasi dalam memproyeksikan hal yang akan terjadi pada masa depan dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Feeling introvert

Dengan kecerdasan emosional (emotional quotient) memiliki kepribadian yang visioner, idealis, dan mudah bergaul yang menjadikannya berkarakter sebagai seorang pemimpin yang memiliki pesona yang sangat kuat dalam memimpin.

Feeling ekstrovert

Dengan kecerdasan sosial (social quotient) memiliki tingkat empati yang tinggi dan mampu menjadi pendengar yang baik dengan membangun komunikasi yang interaktif. Sosok yang bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan yang memedulikan pendapat dari orang-orang di sekitarnya.

Insting

Tidak memiliki kemudi kecerdasan baik introvert maupun ekstrovert karena organ fisik Insting yang dominan terletak pada otak tengah yang memiliki homogenitas sel antara lapisan luar dan lapisan dalam dan tidak ada perbedaan fungsi pada kedua lapisan tersebut. Insting dikemudikan secara spontan menggunakan syaraf otonom. Spontanitas inilah yang berfungsi sebagai pengganti kemudi pada orang Insting.

Selain itu, kemudi kecerdasan introvert cenderung memiliki dorongan motivasi yang besar diawal namun menurun diakhir. Berbeda dengan kemudi kecerdasan ekstrovert yang memiliki tenaga dinamis dan bisa bertahan lebih lama karena dukungan dari lingkungannya.

Setelah mengetahui perbedaan introvert dan ekstrovert STIFIn, Kita jadi mengetahui cara terbaik dalam membangun pola komunikasi yang tepat dan nyaman saat berinteraksi. Yuk ketahui personaliti genetik kamu dengan tes STIFIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya Pertanyaan? Hubungi Kami

Richard Perdana

Owner STIFIn Family | Solver STIFIn

P.S. Apakah Saya sudah mengatakan bahwa bukan hasil Tes STIFIn yang tidak bermanfaat melainkan karena Anda belum memahami siapa diri Anda. Artinya, jika Anda tidak berusaha mengoptimalkan kelebihan dan bakat Anda, bersiaplah terus dalam kegelisahan

P.P.S. Alangkah baiknya Anda putuskan untuk Tes STIFIn sekarang. Karena semakin cepat Anda memutuskan, semakin cepat manfaat yang Anda dapatkan.

Follow Us

Copyright © 2020 STIFIn Family – STIFIn Kota Tangerang Selatan

error: