6 Karakter Seorang Pemimpin Yang Bisa Terlihat Dengan Tes STIFIn

6 Karakter Seorang Pemimpin Yang Bisa Terlihat Dengan Tes STIFIn

Karakter Seorang Pemimpin – Anda ingin memiliki tanggung jawab yang lebih besar dengan karir Anda? Sudah bekerja di perusahaan cukup waktu dan sudah saatnya bagi Anda untuk menaiki tangga karir? Menjadi pemimpin pada sebuah organisasi bukanlah hal yang bisa dengan mudah dilakukan hanya karena seseorang sudah bekerja di perusahaan dalam waktu tertentu. Anda harus yakin bahwa Anda memiliki kualitas untuk menjadi seorang pemimpin yang tidak hanya bisa berfungsi sebagai pembagi tugas atau memegang kendali atas bawahan tapi juga menjadi pemimpin yang memiliki integritas serta bisa menginspirasi junior-juniornya. Melakukan tes STIFIn bisa menunjukkan apakah Anda memiliki kualitas sebagai seorang pemimpin atau tidak. Berikut adalah kualitas-kualitas karakter yang sebaiknya dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik.

Kejujuran dan integritas

Karakter ini wajib untuk dimiliki oleh seorang pemimpin. Apabila pada hasil tes kepribadian Anda sudah memiliki karakter yang jujur, maka selanjutnya adalah menjaga kejujuran tersebut agar menjadi orang yang punya integritas. Integritas adalah karakter yang menjunjung dan memiliki kualitas kejujuran dan moral yang tinggi, konsisten dalam memegang prinsip dan nilai-nilai yang diyakininya. Orang yang disebut memiliki karakter integritas juga memiliki kebiasaan pengambilan keputusan yang akurat dan sebenar-benarnya tanpa ada yang disembunyikan sehingga jelas bahwa karakter ini harus ada pada jiwa karakter seorang pemimpin.

Kepercayaan diri yang baik

Karakter percaya diri yang baik dibutuhkan agar seseorang bisa yakin anak buahnya bisa mengikuti instruksi dan perintahnya dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Tapi kepercayaan yang terlalu tinggi tidak bagus untuk seorang pemimpin karena bisa membuatnya jadi mudah lengah dan tidak melihat resiko-resiko yang sebenarnya bisa diantisipasi di awal sebelum kejadian. Pemimpin yang percaya diri akan merasa yakin dengan keputusan yang dibuatnya di mana hal ini akan memberikan keyakinan pula pada anak buah Anda bahwa jalan yang akan diambil adalah jalan yang sudah dipertimbangkan masak-masak sehingga anak buah pun memiliki rasa hormat kepada Anda sebagai pemimpin mereka.

Inspirasi bagi yang lain

Barangkali hal yang paling tidak mudah menjadi karakter seorang pemimpin yang baik adalah memastikan anak buahnya mengikuti jalan yang sama dengan keputusan yang ia buat. Sebagai seorang pemimpin maka Anda harus menanggung beban ekspektasi tertentu dari anak buah  terutama ketika dihadapkan pada situasi-situasi yang membutuhkan keputusan yang penting dan berpengaruh signifikan pada performa tim. Untuk bisa menjadi inspirasi bagi anak buah maka Anda harus bisa menunjukkan contoh yang baik, memiliki pola pikir yang positif dan terlihat dari bagaimana cara Anda bekerja, tetap tenang meski di bawah tekanan, dan menjaga agar motivasi anak buah tetap tinggi. Bagaimana cara Anda menghadapi situasi dalam kondisi tertekan juga bisa dikonsultasikan saat tes STIFIn.

Berkomitmen dan memiliki passion yang tinggi

Jika Anda ingin anak buah memberikan performa yang terbaik maka Anda pun juga harus memberikan performa yang maksimal pada setiap hal yang Anda kerjakan. Ketika Anda memiliki passion maka apapun yang Anda kerjakan akan terlihat usahanya, tidak takut terjun langsung ke lapangan untuk melakukan koordinasi, atau turut membantu anak buahnya untuk menjalankan tugasnya apabila diperlukan, tidak hanya sekedar diam di tempat dan memberikan perintah tanpa memberikan contoh bagaimana sebuah tugas seharusnya dikerjakan. Pemimpin yang memiliki komitmen dan passion yang tinggi juga akan memacu anak buahnya untuk bisa memberikan performa yang terbaik.

Kemampuan komunikasi dan pengambilan keputusan yang baik

Coba lihat pada hasil tes STIFIn Anda, apakah Anda termasuk komunikator yang baik? Anda juga bisa mengkonsultasikan bagaimana cara berkomunikasi yang efektif disesuaikan dengan karakter dan kepribadian Anda karena sebenarnya apapun karakter yang dimiliki juga bisa menjadi komunikator yang baik dengan caranya sendiri sesuai dengan mesin kecerdasannya. Kemampuan komunikasi yang baik dibutuhkan oleh pemimpin karena ia harus bisa menyampaikan visi misi dan juga strategi yang ingin diambil dengan baik kepada anak buahnya agar tim memiliki persepsi yang sama memandang sebuah isu. Kemampuan komunikasi juga diperlukan ketika pemimpin memberikan presentasi kepada atasannya, mengurai konflik yang terjadi di antara anggota timnya, memberikan motivasi dan dukungan untuk menaikkan moral di dalam tim, dan menjadi spokeperson dari tim ketika berinteraksi dengan tim yang lainnya.

Delegasi dan empowering

Menjadi seorang pemimpin dalam sebuah tim profesional artinya Anda memiliki tanggung jawab yang lebih besar dari sekedar ketika masih jadi karyawan biasa. Oleh karena itu fokus pada tugas-tugas Anda yang lebih penting dan membagikan tugas lainnya kepada para anak buah yang Anda punya. Mencoba mengerjakan segala sesuatunya sendirian karena Anda merasa mampu  atau tidak ingin menambah beban kerja orang lain akan menimbulkan rasa tidak percaya pada anak buah dan membuat anak buah tidak berkembang dan sulit mendapatkan peluangnya sendiri untuk menaiki tangga karir. Demikian adalah beberapa karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang bisa ketahuan apakah Anda memilikinya atau tidak dengan mengambil tes STIFIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya Pertanyaan? Hubungi Kami

Richard Perdana

Owner STIFIn Family | Solver STIFIn

P.S. Apakah Saya sudah mengatakan bahwa bukan hasil Tes STIFIn yang tidak bermanfaat melainkan karena Anda belum memahami siapa diri Anda. Artinya, jika Anda tidak berusaha mengoptimalkan kelebihan dan bakat Anda, bersiaplah terus dalam kegelisahan

P.P.S. Alangkah baiknya Anda putuskan untuk Tes STIFIn sekarang. Karena semakin cepat Anda memutuskan, semakin cepat manfaat yang Anda dapatkan.

Follow Us

Copyright © 2020 STIFIn Family – STIFIn Kota Tangerang Selatan

error: