Mengenal Tes Kepribadian Minat Bakat Anak

Mengenal Tes Kepribadian Minat Bakat Anak

Mengenal tes kepribadian minat bakat anak, perlukah? Banyak sebagian dari kita beranggapan itu tidak penting, nanti saja deh, belum sekarang, belum butuh, dan lain sebagainya.

Padahal ketika kita tanya ke anak tersebut, apa sih kelebihan mu? Apa kekurangan mu? Apa tujuan hidup mu?  dan lainnya. Biasanya muncul jawaban apa yah, belum tau, nanti ajah deh, kayanya ini, sekarang pengen ini tapi gatau nantinya dan berbagai jawaban lainnya.

Dari beberapa pertanyaan tersebut sebagian dari mereka tidak bisa menjawabnya dengan keyakinan yang kuat bahwa itu emang yang dia yakini, dan sebagian lainnya hanya menjawab dengan melihat perilaku yang sering muncul terjadi pada dirinya.

Pertanyaannya apakah bakat dan minat yang Allah berikan terhadap kita bisa ditentukan oleh perilaku yang sering muncul padahal perilaku tersebut juga bisa berubah-ubah setiap saat sesuai lingkungan dan pengalamannya.

Banyak yang mengalami salah memilih jurusan, karir dan pofesi ketika seorang anak menuju remaja dan dewasa dari sekolah, perkuliahan sampai dunia pekerja. Berdasarkan penelitian dari Indonesia Carrer Center Network (ICCN) ternyata sekitar 87% mahasiswa mengakui bahwa jurusan yang diambilnya tidak sesuai dengan minat bakat nya dan juga 71,7% pekerja memilih profesi yang  sesuai dengan pendidikan yang dipelajari sebelumnya.

Baca juga: Kenapa Harus Mengenali Bakat dari Sekarang?

Dari persoalan di atas kita bisa melihat ternyata presentase mahasiswa sampai menuju karir profesinya sebagian besar dari mereka tidak mengetahui potensi minat bakat yang sebenar-benarnya melekat dalam dirinya.

Kebanyakan orang akan terbawa dengan kondisi di lingkungan yang ada disekitarnya. Padahal faktor lingkungan yang sifatnya berubah – ubah tidak bisa menjadi ukuran utama untuk bisa menentukan minat bakat serta jurusan kuliah atau profesi yang akan dipilihnya.

Melihat dari sudut pandang orang tua apa yang terjadi ketika anak terbawa dengan kondisi yang ada pada lingkungannya. Anak tersebut bisa menjadi jadi baik bisa juga tidak, karena faktor lingkungan itu sifatnya sementara dan berubah-ubah.

Dengan itu akan lebih baik jika kita bisa mengenali kepribadian minat bakat anak yang tepat. Setelah diketahui minat bakanya lalu diposisikan pada lingkungan yang sesuai, itu akan membuat anak mengalami optimalisasi minat bakatnya dengan tepat, nyaman dan bahagia.

ANAK ITU TITIPAN yang LUAR BIASA HEBAT

Ketika menjadi orang tua kita selalu berdoa untuk mendapatkan anak keturunan yang baik. Ketika doa itu Allah kabulkan, banyak diantaranya abai dan cuek pada anak yang Allah berikan. Beberapa alasanya karena anak susah diatur, tidak patuh, tidak mau nurut, dan lain sebagainya. Itu terjadi karena kita tidak mengenal kepribadian minat bakatnya.

Padahal ketika anak itu dididik dengan baik dan berikan pengarahan yang tepat dan sesuai. Anak tersebut bisa menjadi anak yang berhasil dan bermanfaat sehingga bisa salah satu bekal kita kembali padaNYA.

Tapi apa dayanya jika yang terjadi ketika anak yang Allah titipkan itu menjadi sosok yang tidak berhasil dalam kehidupannya. Apakah kita siap untuk bertanggung jawab saat kembali padaNya?

Silahkan tes kepribadian minat bakat anak Anda. karena itu merupakan ikhtiar untuk bisa mengenali kepribadian karakter anak yang Allah titipkan kepada Anda. (@richard_perdana) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya Pertanyaan? Hubungi Kami

Richard Perdana

Owner STIFIn Family | Solver STIFIn

P.S. Apakah Saya sudah mengatakan bahwa bukan hasil Tes STIFIn yang tidak bermanfaat melainkan karena Anda belum memahami siapa diri Anda. Artinya, jika Anda tidak berusaha mengoptimalkan kelebihan dan bakat Anda, bersiaplah terus dalam kegelisahan

P.P.S. Alangkah baiknya Anda putuskan untuk Tes STIFIn sekarang. Karena semakin cepat Anda memutuskan, semakin cepat manfaat yang Anda dapatkan.

Follow Us

Copyright © 2020 STIFIn Family – STIFIn Kota Tangerang Selatan

error: