Metode Belajar Efektif untuk Thinking ekstrovert

Metode Belajar Efektif untuk Thinking ekstrovert

Ketemu lagi Sobat Fam! Hari ini kita akan bahas lebih lanjut tentang metode belajar efektif untuk Thinking ekstrovert ya. Eits buat kamu yang punya sahabat Thinking ekstrovert boleh banget diajak juga supaya makin paham dan belajarnya makin semangat. Mulai ya!

Thinking ekstrovert atau lebih dikenal sebagai Te dalam STIFIn, adalah sebuah personaliti genetik yang memiliki Mesin Kecerdasan Thinking dan memiliki kemudi atau drive kecerdasan ekstrovert. Mesin Kecerdasan Thinking menandakan proses kerja otak dominan pada bagian otak atas kiri atau otak kiri. Hal ini berarti seorang thinking akan lebih ahli dalam segi perhitungan dan logika. Sementara kemudi kecerdasan ekstrovert menandakan kemudi kecerdasan Te bergerak dari luar ke dalam, menyebabkan diri seorang Te lebih adaptif dengan lingkungan luar. Lingkungan luar menghasilkan energi untuk Te dapat mengolah informasi di dalam kepalanya.

Tidak berbeda jauh dengan Thinking introvert (Ti), seorang Te pada umumnya tidak mengalami masalah serius dalam hal belajar. Hal ini tentu saja berkaitan dengan materi belajar yang secara general selalu berkaitan dengan hitungan dan penalaran. Pola materi yang terstruktur juga memudahkan tipe Te dalam mempelajari materi yang ada. Namun untuk belajar sesuatu yang baru, tipe Te membutuhkan rancangan yang terukur dengan tepat agar memperkuat memori dari informasi yang didapat.

Metode Belajar Efektif untuk Thinking ekstrovert yang ekstra mengasyikan.

Berikut beberapa metode belajar efektif untuk seorang Thinking ekstrovert (Te), yakni:

Metode Belajar Efektif untuk Thinking ekstrovert (2)

  1. Buat Strategi Belajar

Seorang Te pada dasarnya memang tidak memiliki masalah besar dalam belajar, namun untuk memaksimalkan hasil belajar diperlukan strategi belajar yang baik. Te dapat memulai dengan membuat list kegiatan serta jam belajar yang tertata dengan baik dan terukur. Setelah itu eksekusi yang baik dan konsisten serta nilai kedisiplinan terhadap aturan membuat tujuan belajar dari Te dapat tercapai lebih baik.

Metode Belajar Efektif untuk Thinking ekstrovert (3)

  1. Perbanyak wawasan (lebih jauh dengan membaca)

Thinking secara alami tanpa diperintah pun memang gemar untuk berpikir. Agar dapat berpikir lebih baik, seorang Te disarankan untuk memperluas wawasannya terutama dengan cara membaca. Wawasan yang luas akan membantunya dalam menentukan keputusan terbaik apabila dihadapkan pada suatu permasalahan atau persoalan..

Metode Belajar Efektif untuk Thinking ekstrovert (4)

  1. Ikut kompetisi

Te sangat disarankan untuk berkompetisi dengan orang lain. Dengan mengikuti kompetisi, kemampuan Te dapat berkembang lebih baik daripada dengan hanya berlatih sendirian. Terlebih apabila Te dapat memenangkan kompetisi tersebut dan mengalahkan lawan-lawannya. Te akan mendapatkan suntikan semangat lebih dari hal tersebut, sehingga motivasi belajarnya dapat terbentuk dan memperoleh hasil yang optimal.

Semakin kondusif lingkungannya maka semakin baik seorang Te mengolah informasi di kepalanya. Motivasi terbesar Te berasal dari luar dirinya, yakni dari lingkungan dan orang-orang disekitarnya. Orang dengan tipe ini secara alami amat gemar berkompetisi baik secara formal maupun non-formal. Semangatnya akan meningkat apabila dapat mengalahkan lawan-lawannya dan meraih peringkat yang tinggi.

Itu dia Metode Belajar Efektif untuk Thinking ekstrovert. Semangat belajar buat Sobat fams Thinking ekstrovert ya, buat yang belum tau Personaliti Genetik kamu, yuk langsung tes STIFIn!

Baca juga : Metode Belajar Efektif STIFIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Logo Tes STIFIn (com)

Melayani Tes STIFIn  dengan tujuan untuk mengenali potensi kepribadian diri juga untuk meningkatkan kualitas diri menuju pribadi SuksesMulia.

Sosial Media

Hubungi Kami

Jika ada pertanyaan silahkan kontak nomor yang tertera, tim kami siap membantu.

Tes STIFIn tesedia di seluruh Indonesia dan Mancanegara

© 2022 STIFIn Family, All Rights Reserved.

error: