Metode Belajar Efektif untuk Sensing ekstrovert

Metode Belajar Efektif untuk Sensing ekstrovert

Halo sobat fams, hari ini kita akan bahas lebih dalam nih terkait tentang metode belajar yang efektif untuk Sensing ekstrovert. Hah belajar? Yap belajar! Bukan cuma tentang belajar di kelas bersama guru, tapi belajar dimanapun dan kapanpun, harus bisa efektif dan hasilnya tampak nyata. Apalagi buat sensing nih hehe, oke kalau gitu lets goo!

Sensing ekstrovert atau dalam STIFIn dikenal sebagai Se merupakan salah satu personaliti genetik yang memiliki mesin kecerdasan Sensing. Kekuatan utama tipe Sensing ini adalah penggunaan 5 indera yang sangat baik sehingga orang dengan tipe ini akan lebih awas dengan sesuatu yang bisa dilihat, dirasakan, disentuh, dan diraba secara fisik. Memiliki drive atau kemudi kecerdasan ekstorvert yang menandakan proses kerja kecerdasan lima inderanya dikemudikan dari luar dirinya menuju ke dalam dirinya. Menjadikan kita sebagai seorang Se membutuhkan pemicu dari luar untuk dapat terus aktif bergerak.

Metode Belajar Efektif untuk Sensing ekstrovert yang ekstra menyenangkan

Seorang sensing ekstorvert dapat dengan mudah mempelajari hal baru apabila menggunakan metode belajar yang benar. Metode tersebut diantaranya:

Metode Belajar Efektif untuk Sensing ekstrovert (2)

  1. Menghafal dengan gerakan

Tipikal seorang sensing adalah cerdas dalam memanfaatkan panca inderanya, terlebih untuk Se hal ini dapat digunakan untuk mempertajam ingatan terhadap suatu informasi. Cukup hafalkan dan gunakan gerakan pada bagian-bagian penting, maka sebuah informasi akan lebih baik teringat dalam kepala Se.

Metode Belajar Efektif untuk Sensing ekstrovert (3)

  1. Menggunakan alat peraga visual

Kemampuan merekam secara visual Se adalah yang paling mengagumkan. Peristiwa yang Se lalui akan terekam secara detail dengan seksama. Bahkan, ketika Se diminta untuk menceritakan kembali pengalaman yang dilihatnya secara visual, makai ia dapat menceritakannya secara terurut dan terperinci. Oleh karenanya, penggunaan alat peraga visual dapat menjadi keutamaan yang dapat membuat belajar seorang Se lebih efektif. Alat peraga visual seperti proyektor, poster, dan ilustrasi lainnya akan terekam jelas dalam ingatan seorang Se dengan baik.

Metode Belajar Efektif untuk Sensing ekstrovert (4)

  1. Rajin melatih diri

Rajin adalah kata yang sangat identik untuk Sensing, dan merupakan kelebihan dari seorang Se. untuk dapat belajar lebih baik, seorang Se disarankan untuk rajin melatih diri secara berulang-ulang hingga ia paham. Ingatan yang terekam akan mengakar kuat dan mudah untuk dipanggil jika diperlukan. Seperti misal ketika ingin menghadapi ujian, seorang Se harus banyak berlatih soal dan memecahkan masalah. Pengalaman ini akan menjadi bekal bagi Se untuk menghadapi situasi sulit di masa mendatang.

Metode Belajar Efektif untuk Sensing ekstrovert (5)

  1. Gunakan Simulasi

Seorang Se akan mendapatkan pengalaman lebih nyata apabila berada pada situasi yang sebenarnya. Misal ketika Se belajar cara memadamkan kebakaran api kompor, bukan dengan langsung menghadapi api kompor tanpa pengetahuan, jelas sangat berbahaya. Melainkan dengan melakukan simulasi kebakaran dengan bantuan guru atau pemadam kebakaran. Sehingga Se dapat melihat kondisi saat itu, mengingat setiap langkah yang diajarkan gurunya, dan melakukan langkah penanganan kebakaran dengan tepat.

Metode Belajar Efektif untuk Sensing ekstrovert (6)

  1. Terakhir, jangan lupa hadiah!

Seorang Se akan sangat senang dan termotivasi lebih baik apabila diberi apresiasi secara nyata. Apresiasi disini haruslah sebuah sesuatu barang yang nyata. Hal ini sesungguhnya mudah bagi para orang tua atau bos perusahaan karena cukup dengan memberikan hadiah berupa materi, namun perlu diukur jumlahnya agar sesuai dengan porsinya. Selain itu waktu pemberian hadiah juga perlu diperhitungkan.

Seorang Se dapat lebih cepat belajar apabila membuat gerakan dalam mengingat, merasakan secara langsung, rajin berlatih, menggunakan peralatan visual, dan diberi apresiasi berupa barang atau benda. Metode belajar efektif Se akan berdampak baik bila dimengerti oleh orang tua sebagai pengajar, dan juga kita sendiri. Akhirnya, pembelajaran pun menjadi lebih efektif dan penyerapan informasi menjadi lebih baik, sehingga kita mendapatkan hasil yang terbaik.

Demikian Metode Belajar Efektif untuk Sensing ekstrovert. Pantau terus ya buat metode belajar efektif untuk Mesin Kecerdasan lain. Buat kamu yang belum tahu apa Personaliti Genetik kamu, Yuk langsung ikut tes STIFIn!

Baca juga : Metode Belajar Efektif STIFIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Logo Tes STIFIn (com)

Melayani Tes STIFIn  dengan tujuan untuk mengenali potensi kepribadian diri juga untuk meningkatkan kualitas diri menuju pribadi SuksesMulia.

Sosial Media

Hubungi Kami

Jika ada pertanyaan silahkan kontak nomor yang tertera, tim kami siap membantu.

Tes STIFIn tesedia di seluruh Indonesia dan Mancanegara

© 2022 STIFIn Family, All Rights Reserved.

error: