Cara Ampuh Padamkan Marah

Cara Ampuh Padamkan Marah

Cari tahu yuk cara ampuh padamkan marah, sebelumnya apakah kita pernah marah? Pasti pernah yah, yang namanya marah tuh ya aduh pasti deh meledak-ledak. Rasanya pengen teriak atau marah level selanjutnya, jadinya sampai diem-dieman. Padahal awalnya sahabat banget, atau rekan kerja yang solid, atau keluarga yang harmonis.

Marah adalah gejolak perasaan emosional yang terjadi akibat suatu pemicu dan diungkapkan dengan perbuatan atau ekspresi untuk memperoleh suatu kepuasan. Biasanya kita cenderung akan marah bila terjadi suatu hambatan yang berpotensi menyebabkan gagalnya suatu usaha atau perbuatan kita. Nah marah ini biasanya cenderung membawa perasaan negatif, sehingga sangat mengganggu orang yang dimarahi dan bahkan orang disekitar kita sobat fams.

Makanya ketika marah kita sebisa mungkin tetap mengendalikan diri dengan baik sobat fams, bukan malah terbawa suasana. Marah yang berlebihan sangat tidak baik, terutama bagi orang yang dimarahi dan tentunya diri kita. Setelah marah, cenderung akan timbul perasaan tidak enak kepada orang yang dimarahi dan konflik dalam batin. Namun, bila marah tidak disalurkan, kurang baik juga untuk diri sendiri. Karena bisa jadi suatu saat bisa meledak! Manajemen marah ini yang perlu kita pelajari nih supaya kita dapat meluapkan emosi pada kadar yang tepat.

Satu hal yang perlu kita tahu nih sobat fams, tentang amarah itu sendiri. Amarah secara alami merupakan sifat manusia yang penting, karena dengan marah dapat memicu dan membangkitkan gelora semangat perjuangan dalam membela kebenaran, menegakan keadilan, dan meraih kemenangan. Contoh, saat orang tua kita diolok-olok dan diejek, maka tentunya kita harus marah dan membela orang tua kita. Sama seperti itu, amarah juga memicu diri kita untuk semangat dalam membela keimanan, memelihara jiwa dan raga, melindungi harta dan kehormatan. Perlu digarisbawahi sobat fams, marah dalam kadar yang cukup sangat diperlukan. Ketika sifat marah ini hilang maka bersiaplah untuk menjadi bahan hinaan dan ejekan di sekitar sobat fams.

Cara Ampuh Padamkan Marah

Marah dalam konteks yang sesuai malah sangat dianjurkan dengan kadar yang sesuai tentunya. Sangat tidak diperkenankan marah yang meledak-ledak dan berlebihan karena berpotensi menjadi penyakit bagi diri kita. Ketika seseorang marah, gelombang otaknya berada pada gelombang gamma. Perasaan amarah akan mempertahankan gelombang otak pada gelombang ini, agar otak menjadi lebih stabil perlu diturunkan ke gelombang alfa. Marah selama 5 menit berakibat menurunkan sistem kekebalan tubuh selama 6 jam.

Untuk menurunkan kadar amarah dan bahkan memadamkannya, diperlukan penanganan yang tepat berdasarkan tipe orang tersebut. Dengan memperhatikan tipe orang tersebut melalui Mesin Kecerdasan-nya maka kita dapat meredakan amarahnya dengan efektif secara berangsur-angsur.

Sensing

Kalau Sensing sedang marah, coba redakan dengan bermain atau berolahraga. Sebagai teman kita juga bisa memberikan guyonan atau ekspresi lucu. Tanamkan mindset jika marah maka ketampanan atau kecantikannya akan memudar, dan bisa bikin cepat tua. Hayolo cepet tua kalo sering marah hihi.

Thinking

Secara bertahap turunkan emosi dengan mengembalikan pemikiran logis bagi Thinking. Pikirkan baik-baik sebab dan akibat jika timbul api amarah. Beri waktu diri untuk menyendiri dan kembali ke alam untuk sekaligus merelaksasi pikiran.

Intuiting

Intuiting jika sedang marah, coba alirkan energi untuk menciptakan karya. Tulis puisi, menggambar, atau menulis di laman pribadi. Salurkan imajinasi sobat fams pada karya-karya nyata, dan biarkan orang lain melihatnya sebagai suatu karya yang indah.

Feeling

Temui teman dekat atau sahabat, curhat kepadanya dan keluarkan segala unek-unek yang ada dalam benak. Sebagai teman, sobat fams dapat membantu Feeling dengan menemaninya dari dekat, tunjukan rasa empati, dan jadilah pendengar yang baik.

Insting

Hasil tes STIFIn Insting bisa melakukan dengan menenangkan diri dengan sedikit mengambil jarak, dan dekatkan diri kepada Sang Pencipta. Setelahnya silaturahmi ke saudara atau teman. Sebagai teman sobat fams juga bisa mengajaknya untuk olahraga sejenak yang memicu adrenalin atau melakukan projek kemanusiaan.

Cara memadamkan amarah akan ampuh jika kita mau memaafkan dan berdamai, dengan orang yang kita marahi dan tentu saja dengan diri kita sendiri. Marahlah secukupnya, pada kadar yang tepat. Karena siapapun bisa marah, tetapi marah pada orang yang tepat, dengan kadar yang sesuai, pada waktu yang tepat pula, demi tujuan yang benar, dan dengan cara yang baik, bukan suatu hal yang mudah (Aristoteles).

Terakhir, orang yang mampu mengendalikan amarahnya adalah yang menang. Karena amarah bagian dari nafsu, maka kendalikan dengan baik. Maka niscaya balasan dari Allah adalah sebaik-baiknya balasan, yakni surga Allah.

Demikian cara ampuh padamkan marah nih sobat fams, yuk terus belajar agar menjadi pribadi yang siap untuk mencapai SuksesMulia. Info tes stifin dapat diakses di link berikut ini ya sobat fams. sampai jumpa lagi di bahasan kita selanjutnya ya!

Logo Tes STIFIn (com)

Melayani Tes STIFIn  dengan tujuan untuk mengenali potensi kepribadian diri juga untuk meningkatkan kualitas diri menuju pribadi SuksesMulia.

Sosial Media

Hubungi Kami

Jika ada pertanyaan silahkan kontak nomor yang tertera, tim kami siap membantu.

Tes STIFIn tesedia di seluruh Indonesia dan Mancanegara

© 2022 STIFIn Family, All Rights Reserved.

error: