7 Cara Menggali Potensi dalam Diri

7 Cara Menggali Potensi dalam Diri

Hai Sobat Fams! semoga di tengah pandemi ini Sobat Fams semua tetap sehat ya dalam menjalani aktivitas. Nah kali ini kita akan bahas terkait cara menggali potensi dalam diri. Potensi ini sangat erat hubungannya dengan pengembangan diri. Untuk itu langsung aja kita bahas ya ini dia 7 cara menggali potensi dalam diri agar mencapai Sukses Mulia.

Potensi menurut KBBI merupakan sebuah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Potensi ini juga merupakan kecenderungan seseorang untuk bergerak pada sesuatu. Jika seseorang bergerak sesuai dengan potensi yang ia miliki maka jalan ia tempuh sudah tepat. Misal Sobat Fams sebenarnya memiliki potensi menjadi seorang pengusaha namun tidak pernah mencoba dan malah fokus dengan bidang lain, hal ini tentu saja akan menjadikan Sobat Fams punya tantangan dalam menguasai bidang lain tersebut karena tidak bergerak sesuai potensi dalam diri. Dengan kata lain, bergerak sesuai potensi dapat mempercepat proses penguasaan suatu bidang atau keahlian bagi Kamu Sobat Fams!

Setiap orang itu unik dan menyimpan beragam potensi dalam diri yang sangat luar biasa serta menunggu untuk dikembangkan. Maka dari itu muncul beragam profesi masa kini yang bahkan pada zaman orang tua kita belum ada. Namun, tidak banyak orang mengetahui potensi sebenarnya dalam diri mereka masing-masing. Untuk itu, sangat penting untuk kita menggali potensi dalam diri kita untuk menggapai sukses mulia.

7 Cara Menggali Potensi Diri dan Mengembangkannya

Nah Sobat Fams kini sudah mengetahui pentingnya menggali potensi diri. Buat Sobat Fams yang ingin menemukan dan mengembangkan potensi dalam diri yuk langsung simak selengkapnya 7 cara menggali dan mengembangkan potensi dalam diri supaya Sobat Fams cepat menggapai sukses mulia.

1. Berpikir Untuk Maju dan Berkembang

7 Cara Menggali Potensi dalam Diri (2)

Yap, yang pertama perlu dilakukan untuk menggali potensi adalah berpikir untuk maju dan berkembang. Berpikir untuk maju berarti memutuskan diri untuk terus berusaha yang terbaik agar dapat keluar dari kondisi saat ini dan mulai bergerak menuju kesuksesan. Keputusan untuk maju ini akan sangat berpengaruh terhadap apa yang nantinya akan kita lalui dalam perjalanan menggali potensi dan menggapai sukses mulia. Ketika Sobat Fams memutuskan untuk maju dan menjadi pribadi yang lebih baik tentu saja ke depan jalannya tidak akan semulus yang Sobat Fams bayangkan. Ada banyak halangan dan rintangan yang akan datang, namun apabila Sobat Fams sudah memutuskan untuk maju dan bertekad untuk sukses maka halangan dan rintangan tadi akan menjadi media pembelajaran terbaik untuk pengembangan diri.

2. Kenali Diri

7 Cara Menggali Potensi dalam Diri (3)

Setelah memutuskan untuk maju, selanjutnya kita perlu untuk mengenal diri kita sendiri sebenarnya siapa kita dan mau apa kita. Secara sederhana bisa dengan membuat daftar minat dan kesukaan serta ketidaksukaan kita pada sesuatu. Namun cara ini terlalu rancu dan umumnya kurang akurat karena hanya berdasarkan pengamatan pribadi. Gunakanlah media untuk mengenal diri sendiri yang akurat untuk mengenal diri kita sebenarnya. Saat ini telah banyak media untuk Sobat Fams mengenal diri sendiri, salah satu media yang paling akurat dan mudah dipahami adalah STIFIn. Bagi Sobat Fams yang telah melakukan tes STIFIn, selamat! Karena dengan begitu Sobat Fams sudah satu langkah lebih dulu dalam perjalanan menggali potensi diri ini. Untuk kalian yang ingin mengenal diri lebih lanjut silahkan melakukan tes STIFIn dan konsultasikan kepada promotor terkait diri kalian. STIFIn juga menghadirkan Workshop STIFIn Level 1 dan 2 agar Sobat Fams lebih paham tentang diri sobat yang sebenarnya.

3. Tetapkan Tujuan

7 Cara Menggali Potensi dalam Diri (4)

Setelah kenal dengan diri sendiri dan mengetahui potensi di dalam diri serta kekurangannya maka cara selanjutnya adalah menetapkan tujuan. Yap, potensi hanya sebuah kekuatan yang sebenarnya ada dalam diri namun bila tidak digunakan maka kekuatan tersebut hanya tersimpan dan terus bersemayam dalam diri. Tetapkan tujuan kita sesuai dengan potensi diri kita. Mulai dari tujuan akhir yaitu sukses mulia, lalu mulai membuat roadmap untuk mencapai tujuan tersebut. rencanakan dengan baik setiap langkah mulai dari tujuan akhir hingga langkah kita saat ini di masa sekarang. Sehingga hidup kita lebih terarah dan lebih yakin dalam menggapai kesuksesan di depan kita.

4. Mulailah Melangkah

7 Cara Menggali Potensi dalam Diri (5)

Setelah menetapkan tujuan dan membuat rencana selanjutnya adalah aksi. Yap, mulailah melangkah sesuai dengan rencana awal. Tidak harus selalu mengambil langkah besar, cukup langkah-langkah kecil untuk menuju ke tujuan akhir. Kesiapan kita dalam melangkah sesungguhnya berdasar pada rencana kita sebelumnya, semakin realistis rencananya maka langkah untuk melaksanakan rencana tersebut juga semakin mudah . Mengambil langkah penting untuk memastikan apa yang kita rencanakan tadi apakah sudah sesuai dan bisa kita lakukan dengan kapasitas kita saat ini. teruslah melangkah dengan konsisten dan jangan menyerah hingga sampai pada tujuan akhir.

5. Lakukan Evaluasi Rutin

7 Cara Menggali Potensi dalam Diri (6)

Nah kadang langkah ini juga suka terlupakan nih. Evaluasi langkah yang sudah kita ambil. Caranya gimana? Caranya adalah dengan melihat proses yang telah kita lalui dan juga hasil yang sudah atau nantinya kita dapat. Akan lebih mudah melakukan evaluasi bila sambil melangkah kita juga sambil mencatat langkah kita tersebut, dengan begitu langkah dapat terdokumentasi dengan baik untuk kemudian di evaluasi. Lakukan evaluasi terhadap langkah yang sudah diambil secara rutin, misal setiap sebelum tidur atau setiap akhir pekan. Satu jam per hari sekiranya sudah cukup untuk melakukan evaluasi diri tapi jika kurang atau lebih dari itu juga tidak apa yang penting Sobat Fams mengetahui kelebihan dan kekurangan dari langkah yang Sobat Fams ambil. Jangan takut untuk berbuat salah, justru dari kesalahan tersebut kita dapat belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Dan jangan takut untuk belajar bila dirasa ada langkah yang seharusnya kita bisa ambil namun kapasitas diri belum mencukupi.

6. Bangun Relasi

7 Cara Menggali Potensi dalam Diri (7)

Menjadi pribadi yang berkembang tentu menyenangkan, namun perjalanan menggali potensi ini juga akan lebih seru dan lebih cepat jika dilakukan bersama teman-teman dan mendapat arahan dari mentor yang mumpuni. Relasi ini juga merupakan media dimana Sobat Fams dapat melakukan praktik dan melatih diri sesuai dengan potensi yang ada. Bangunlah relasi yang baik pada semua orang yang dapat ditemui, tapi bangunlah relasi yang berkualitas pada orang yang dapat membantu kita menggapai sukses mulia.

7. Senantiasa Bersyukur

7 Cara Menggali Potensi dalam Diri (8)

Bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas potensi yang diberikan dengan cara merencanakan yang terbaik, melaksanakan rencana dengan kesungguhan, dan terus menerus melatih potensi diri hingga potensi tersebut menjadi suatu keahlian dan kekuatan yang dapat kita gunakan. Serta jangan lupa untuk berdoa sembari mengevaluasi diri, barangkali ada kesalahan kita dalam melangkah atas dasar lupa atau kecerobohan semata. Yang paling penting dari bersyukur ialah ingat selalu dengan Sang Pencipta dan tidak membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Dengan begitu potensi kita dapat keluar dan menjadi kekuatan bagi kita untuk dapat bermanfaat pada orang lain.

Dengan melakukan cara tersebut, Sobat Fams akan lebih mudah untuk menemukan dan mengembangkan potensi diri sobat sekalian. Penting untuk selalu diingat, proses pengembangan diri adalah proses yang panjang, maka kita perlu menghadapinya dengan sabar dan tetap semangat serta tentunya jangan mudah untuk menyerah. Sekian bahasan kita kali ini tentang 7 cara menggali potensi dalam diri, semoga Sobat Fams semua dimudahkan dalam menggali potensinya ya. Semangat terus Sobat Fams!

Yuk kenali diri dan gali terus potensi yang kita punya supaya makin cepat menggapai SUKSES MULIA. Info Tes STIFIn bisa kunjungi link di laman ini ya! semangat Sobat Fams semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Logo Tes STIFIn (com)

Melayani Tes STIFIn  dengan tujuan untuk mengenali potensi kepribadian diri juga untuk meningkatkan kualitas diri menuju pribadi SuksesMulia.

Sosial Media

Hubungi Kami

Jika ada pertanyaan silahkan kontak nomor yang tertera, tim kami siap membantu.

Tes STIFIn tesedia di seluruh Indonesia dan Mancanegara

© 2022 STIFIn Family, All Rights Reserved.

error: